Kami Menyajikan Info Akik Lengkap

Ciri-Ciri Dan Khasiat Batu Emerald / Zamrud


Emerald digunakan untuk penyembuhan fizikal dan emosional, mengatasi penyakit saraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan batin.
  • Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”.
  • Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.
CIRI-CIRI  BATU EMERALD / ZAMRUD

Bila dilihat dari segi geografis Indonesia tepat berada pada daerah khatulistiwa maka tidak mengherankan jika Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa termasuk dengan kekayaan alam batu mulia dan permata.

Salah satu jenis permata yang ada di Indonesia adalah Emerald atau Zamrud, dimana jenis permata yang berwarna hijau hingga hijau tua ini juga sangat populer di dunia internasional.

Batu Zamrud merupakan salah satu jenis batu tertua biasanya digunakan sebagai perhiasan dan sudah dikenal sejak jaman Mesir kuno, Selain Indonesia, negara-negara lain penghasil batu Zamrud yang berkualitas antara lain Siberia, Kolombia, Afrika Selatan, Australia, Zimbabwe dan Brasil.

Batu Zamrud atau emerald termasuk mineral silikat beryllium dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium, Jik dilihat dari sejarah, kaum Mesir (Egypt) telah menambang batu zamrud sejak 3500 SM dimana pada masa ini memang telah banyak dilakukan penambangan batu zamrud secara besar-besaran hingga abad ke 16.

Namun penjelajah dari Spanyol akhirnya telah menemukan pertambangan yang terbengkalai di daerah Kolombia (Amerika Selatan) dan hingga saat ini Kolombia masih menjadi sebagai negara penghasil emerald terbaik di dunia.

Orang-orang pada zaman dahulu juga sering menghubung-hubungkan batu zamrud ini dengan dewi cinta atau Venus dikarenakan warna hijau yang begitu indah diartikan akan memberikan tentang getar-getar cinta, harmoni, dan kebahagiaan dalam hidup.

Batu zamrud ini juga dijadikan sebagai simbol sebuah harapan. Batu zamrud dipercaya dapat membantu menyembuhkan suatu hubungan yang lagi ada permasalahan serta digunakan juga untuk kesehatan seseorang. Masyarakat India menganggap bahwa batu zamrud ini dapat membawa peruntungan nasib yang baik dan dapat mendatangkan kekayaan.

Adapun suku Aztec dan Inca yang berada di Amerika Selatan menganggap bahwa batu zamrud ini sebagai batu suci yang dipergunakan untuk berbagai acara ritual khususnya batu zamrud rusia

Batu zamrud atau emerald adalah lambang batu mulia (birth stone) bagi mereka yang terlahir pada bulan Mei dan batu zamrud tersebut bisa juga untuk peringatan wedding anniversary yang ke-20 dan ke-35.

Agar batu zamrud bisa memberikan energi positif pada diri kita sehingga aura dalam diri bisa terpancar, maka hal yang dapat kita lakukan agar selalu dekat dengan emerald tersebut, kita bisa menyimpan batu zamrud atau emerald tersebut di dalam tas, bisa juga di dompet atau dalam saku baju.

Anda bisa menjadikan batu zamrud tersebut sebagai perhiasan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti digunakan sebagai anting, liontin, cincin gelang dan kalung.

Dengan demikian dimanapun anda berada anda bisa menggunakannya setiap hari dan selalu merasa dekat,namun tidak merasa kehilangan energi positif yang dipancarkan oleh zamrud tersebut.

Meski demikian batu zamrud memiliki sifat yang mudah pecah atau rapuh karena memiliki kadar kekerasan 7,5-8 mohs, masih dibawah 1 tingkat dari batu Safir atau ruby. Batu zamrud warnanya tidak mudah berubah dan bersifat tahan panas.

Karena batu zamrud mudah pecah maka untuk batu zamrud yang telah mengalami proses cutting biasanya harganya jauh lebih mahal daripada batu zamrud yang belum mengalami proses.

Proses cutting batu zamrud harus dilakukan dengan profesional dan membutuhkan keteliian  yang sangat tinggi supaya batu zamrud tidak menjadi rusak apalagi sampai pecah.

Bila anda ingin membeli batu zamrud maka sebaiknya waspada karena pada saat ini banyak beredar batu zamrud yang palsu yang biasanya diberi istilah nama sendiri seperti Chatham Emerald, Kimberly Emerald, Biron Emerald dan sebagainya.

Sepintas batu zamrud terlihat mirip dengan Batu Bacan atau Batu Giok dimana kedua jenis batu ini juga memiliki warna dasar yang sama dengan emerald.

Yang membedakannya adalah adanya serat dengan pancaran dari warnanya dan hal inilah yang menjadikan batu zamrud terlihat berbeda dengan batu bacan dan batu giok.






Back To Top